MENGENALKAN SEJARAH TAHUN BARU ISLAM KEPADA SISWA-SISWI SMP IT AL-FATAH - BERBAGI SUKSES

Tuesday 23 April 2024

MENGENALKAN SEJARAH TAHUN BARU ISLAM KEPADA SISWA-SISWI SMP IT AL-FATAH

 


SMPIT AL-FATAH, Tahun baru islam pada tahun ini jatuh pada tanggal 30 Juli 2022. Sebagai lembaga yang menyelenggarakan pendidikan di daerah Kecamatan Keluang kami merasa memiliki tanggungjawab untuk mengenalkan tentang tahun baru islam kepada siswa-siswi kami, apalagi SMPIT AL-FATAH merupakan sekolah yang berbasis penerapan nilai-nilai islam. Tentu itu sangat penting sekali pengenalan tentang tahun barus Islam kepada siswa-siswi.

Kegiatan yang dilakukan untuk mengenalkan tentang tahun baru islam yaitu Kajian Akbar yang diadakan di Masjid Raya Al-Fatah. Dalam Kajian Akbar tersebut hadir pula Bpk Ahmad Suryadi, S.Pd selaku sebagai narasumber pada acara tersebut, dan juga hadir pula WAKA Kesiswaan SMPIT AL-FATAH yaitu Ibu Parida, S.Pd. Serta para dewan guru juga turut hadir dalam acara ini.

Dalam sambutannya, Ibu Parida, S.Pd selaku sebagai WAKA Kesiswaan mengajak kepada para siswa-siswi untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya. Harus mampu meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk, mengisi kegiataan-kegiatan yang positif agar menjadi siswa-siswi SMPIT AL-FATAH yang Unggul dan berprestasi. Lebih lanjut dalam sambutannya, Ibu Parida, S.Pd menjelaskan terdapat keutamaan di dalam bulan Muharram diantaranya menjalankan puasa sunnah Tasua' dan Asyura. 

Selain itu beliau juga mengajak kepada seluruh siswa-siswi yang hadir dalam acara tersebut untuk menggunakan tahun baru hijriyah ini sebagai momentum untuk menambah ilmu yaitu bersyukur kepada Allah SWT, agar dapat meleburkan serpihan-serpihan dosa dalam hati kita. Terakhir, Ibu Parida, S.Pd juga berpesan kepada siswa-siswi: "jika kita tidak bisa melakukan kebaikan, setidaknya kita tidak melakukan kejahatan" begitu sambungnya.



Masuk pada acara inti yaitu Materi yang disampaikan oleh Bpk. Ahmad Suryadi, S.Pd Selaku Pembina OSIS SMPIT AL-FATAH. Dalam pemaparannya, Beliau mengajak Siswa-siswi untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari tahun sebelumnya. meninggalkan kebiasaan buruk di sekolah seperti membuang sampah sembarangan, datang terlambat dan kurang disiplin.

Lebih lanjut lagi dalam penyampaiannya, Bpk. Ahmad Suryadi, S.Pd menjelaskan sejarah penetapan tahun baru Islam 1 Muharram. Beliau menjelaskan bahwa tahun baru islam pertama kali ditetapkan pada masa pemerintahan Kekhalifahan Umar Bin Khottob. Pada waktu itu Kholifah Umar dihadapkan dengan masalah susahnya pengarsipan surat-menyurat daerah kekuasaannya sehingga sering kali terjadi lama dalam merespon. Hingga pada akhirnya Kholifah Umar Bin Khottob membentuk Sistem penanggalan sendiri. Tahun baru Hijriah diperingati sejak peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah.

Pada sesi terakhir pemaparan materi yang beliau sampaikan, Bpk. Ahmad Suryadi, S.Pd mengajak kepada seluruh siswa-siswi yang hadir agar menjadikan tahun baru Islam ini sebagai semangat memperbaiki diri. Beliau memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjadi pribadi lebih baik: pertama, harus memiliki niat yang kuat untuk berubah. kedua, bersungguh-sungguh pada yang kita niatkan. ketiga, istiqamah. keempat, lakukanlah sesuatu dengan hati yang ikhlas. terakhir, jangan lupa bersyukur atas semua karunia yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Mari kita gunakan tahun baru islam ini sebagai momentum untuk memperbaiki diri, lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Semoga kita termasuk orang-orang beruntung yang mendapatkan kasih sayang dari Allah SWT. Amin


Comments


EmoticonEmoticon