8 GUNUNG TERCANTIK DI JAWA TIMUR YANG HARUS KALIAN KUNJUNGI - BERBAGI SUKSES

Tuesday 23 April 2024

8 GUNUNG TERCANTIK DI JAWA TIMUR YANG HARUS KALIAN KUNJUNGI




1.    GUNUNG SEMERU



Siapa yang tidak tahu tentang gunung yang satu ini. Gunung Semeru rasanya sudah menjadi sangat masyur dikalangan para pecinta alam di Indonesia karena pesona keindahannya. Letak gunung Semeru berada di antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Gunung Semeru atau mahameru memiliki ketinggian 3676 mdl menjadikan gunung Semeru sebagai puncak tertinggi Jawa.

pemain 5 cm (instagram/highpeakoutdoor)

Pada tahun 2012 muncul sebuah film sangat fenomenal yang mengangkat cerita tentang petualangan lima sahabat di gunung Semeru. Semenjak saat itu pamor gunung Semeru semakin meningkat dibuktikan dengan semakin banyaknya wisatawan yang datang kesana.

Bagi kalian yang ingin mencoba mendaki ke gunung Semeru bisa melalui jalur via Malang karena lebih cepat dan mudah medannya. Tetapi ada baiknya sebelum mendaki ke Semeru persiapkan semua keperluan terlebih dahulu seperti peralatan tenda, surat keterangan sehat, dan tidak kalah penting yaitu fisik yang prima. Kalian bisa berolahraga dulu dirumah secukupnya supaya fisik menjadi prima.  Setelah memasuki Kawasan wisata Bromo Tengger Semeru kalian harus registrasi terlebih dahulu di pos pendaftaran Ranu Pani sekaligus nanti akan diberikan arahan oleh petugas tentang peraturan yang harus ditaati di gunung Semeru.



2. GUNUNG PENANGGUNGAN

gunung penanggungan (instagram/jejak_pendaki)

Gunung Penanggungan menjadi salah satu gunung tercantik di Jawa Timur. Gunung yang berada di Mojokerto ini memiliki ketinggian sekitar 1653 meter dpl dan cocok untuk para pendaki pemula. Setiap tahunnya banyak para pendaki yang datang kesini untuk menikmati keindahan pemandangan dari gunung penanggungan. Jalur pendakian yang sering digunakan para pendaki adalah jalur Tamiajeng karena medannya tidak terlalu berat dan lebih cepat menuju puncak.

pos perijinan Tamiajeng (instagram/dindinrachma)

Ada sebagian orang menganggap bahwa gunung Penanggungan banyak memiliki kisah mistis dan misteri di dalamnya, namun mitos dan misteri di gunung Penanggungan tidak mengurangi antusiame para pendaki untuk mendaki gunung yang satu ini. Dari puncak Penanggungan kita bisa melihat pemandangan yang sangat indah, kita juga bisa melihat kota Surabaya dari atas puncak Penanggungan.

pemandangan puncak Pawitra gunung Penanggungan (instagram/dhaawdy)


3.    GUNUNG ARJUNO
puncak gunung Arjuno (instagram/arjuno.welirang)

Gunung Arjuno ini berada di wilayah Kabupaten Malang Jawa Timur dan merupakan gunung tertinggi  kedua di Jawa Timur. Ketinggian gunung Arjuno kurang lebih sekitar 3.339 meter dpl dan merupakan gunung tertinggi keempat di Pulau Jawa. Pendakian menuju puncak Arjuno yang cukup terkenal ada tiga titik yaitu jalur pendakian via Lawang, via Tretes dan kota Batu. Nama gunung Arjuno diambil dari salah satu tokoh dalam kisah pewayangan Mahabharata yaitu Arjuna.

Di samping Gunung Arjuno terdapat Gunung Welirang yang masih aktif hingga saat ini maka orang-orang sering menyebut Gunung Arjuno-Welirang. Setiap tahunnya banyak ribuan pengunjung yang datang ke Gunung Arjuno dari berbagai daerah itu menandakan bahwa Gunung Arjuno memiliki daya Tarik bagi para pendaki.

(instagram/rizky_oziq)


4.    GUNUNG IJEN

kawah ijen (instagram/aldy.ah_)

Kali ini kita bahas Gunung Ijen Jawa Timur. Gunung Ijen dikategorikan sebagai gunung yang masih aktif. Letaknya berada di antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. Gunung Ijen memiliki kawah belerang yang masih aktif hingga sekarang meskipun begitu masih banyak pengunjung yang datang. Ketinggian Gunung Ijen sekitar 2386 meter dpl, pemandangan disekitar kawah Ijen sungguh luar biasa indah sekali.

(instagram/pendakislow)

Rute pendakian Gunung Ijen bisa ditempuh melalui 2 jalur yaitu via Banyuwangi dan via Bondowoso. Pertama, rute dari Bnyuwangi dapat ditempuh melalui Kecamatan Licin terus menuju pos Paltuding. Dari Paltuding puncak kawah Ijen mulai didaki dengan jalan kaki yang bisa memakan waktu sekitar 2-3 jam. Rute kedua melalui Bondowoso yaitu melewati desa Sempol menuju Wonosari dan bertemu di pos Paltuding.

Keindahan yang bisa dinikmati dipuncak gunung Ijeng salah satunya adalah fenomena blue fire atau api biru. Fenomena ini hanya bisa dijumpai antara pukul 02:00 – 05:00 WIB, dijamin pokoknya bagus banget pemandangannya deh. Oh iya sekedar informasi teman-teman ternyata fenomena kawah blue fire di dunia hanya ada dua, satu di Islandia dan satunya lagi ada di kawah Ijen, Indonesia.
Sungguh luar biasa bukan !

Blue Fire (instagram/malampah.id)


5.    GUNUNG KELUD
Kawah gunung Kelud (instagram/zanacobhit)

Ada yang tahu gunung Kelud ada dimana ? yup, di Kediri Jawa Timur. Sebenarnya ketinggian gunung Kelud tidak begitu tinggi hanya 1731 meter diatas permukaan air laut, eits tapi jangan menganggap remeh dulu ya, meskipun ketinggiannya tidak begitu tinggi tapi untuk pemandangannya keren deh pokoknya.
Menurut legenda, gunung Kelud adalah akibat sebuah kutukan dari Lembu Suro dan Mahesa Suro terhadap Dewi Kilisuci yang telah mengingkari janjinya. Suatu ketika Lembu Suro dan Mahesa Suro datang menemui seorang raja bernama Jenggolo Manik untuk mempersunting anaknya bernama Dewi Kilisuci, namun sang putri keberatan dengan lamaran dua orang raja tersebut karena wajah sang raja menyerupai seekor kerbau dan sapi. Maka dari itu Dewi Kilisuci berusaha menolak lamaran tersebut dengan mengadakan sayembara kepada Lembu Suro dan Mahesa Suro. Di dalam sayembara tersebut Dewi Kilisuci  meminta untuk dibuatkan dua sumur diatas gunung kelud hanya dalam waktu satu malam saja, satu sumur harus berbau wangi dan satunya harus berbau amis. Lembu Suro dan Mahesa Suro akhirnya menerima sayembara itu. Setelah dua sumur tersebut dibuat Dewi Kilisuci memerintahkan kepada Lembu Suro dan Mahesa Suro untuk mengecek bau yang ada didalam sumur, setelah masuk Dewi Kilisuci memerintahkan prajuritnya untuk menutup sumur itu dengan batu dan membuat Lembu Suro dan Mahesa Suro mati. Namun, sebelum Lembu Suro mati ia sempat bersumpah “wong kediri mbesuk bakal pethuk piwalesku sing makaping kaping. Kediri bakal dadi kali, Blitar dadi latar, Tulungagung bakal dadi kedung”.
(orang Kediri nanti akan mendapatkan balasanku yang sangat besar. Kediri akan menjadi sungai, Blitar akan menjadi daratan, Tulungagung akan menjadi laut).

Itulah asal mula terbentuknya gunung Kelud menurut legenda yang sangat masyur di kalangan masuarayak Kediri dan sekitarnya.


6.    GUNUNG RAUNG

gunung Raung tampak dari atas (instagram/bondowosoexplorer)

Gunung yang satu ini letaknya ada di Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember. Meskipun gunung Raung terkenal dengan jalur mautnya, tetapi tidak sedikit para wisatawan yang datang kesana setiap tahunnya. Gunung yang memiliki ketinggian 3.344 meter diatas permukaan laut ini tergolong masih aktif. Gunung Raung ini adalah gunung tertinggi ketiga di Jawa Timur setelah gunung Semeru dan gunung Arjuno.

Jalur pendakian Raung (instagram/mountaineering_indonesia)

Mendaki gunung Raung bisa ditempuh lewat dua jalur, rute pertama yaitu melewati desa Kalibaru Wetan Kabupaten Banyuwangi dan rute kedua bisa ditempuh melalui desa Sumber Waringi, Wonosari, Kabupaten Bondowoso.

Berbeda dengan gunung-gunung lainnya di Jawa Timur, gunung Raung memiliki empat puncak yang berbeda-beda ketinggiannya. Empat puncak itu diantaranya puncak 17 (3.108 mdpl), Puncak Bendera (3.159 mdpl), Puncak Tusuk Gigi (3.300 mdpl) dan Puncak Sejati.

Puncak sejati 3.344 mdpl (instagram/dedeovyany)


7.    GUNUNG LAWU

Puncak Dumilah gunung Lawu (instagram/tasyardelia)

Gunung Lawu adalah salah satu gunung yang sangat indah pemandangannya, letaknya yang berada diantara dua provinsi membuat gunung ini bisa didaki dari beberapa rute.

Gunung Lawu merupakan gunung tipe stratovolcano dan diperkirakan terakhir Meletus pada tahun 1885, jadi sekarang status gunung Lawu menjadi gunung api “istirahat”.
Pendakian ke gunung Lawu bisa ditempuh melalui pos Cemoro Kandang di Tawangmangu, Candi Cetho di Karanganyar dan Cemoro Sewu di Sarangan.
Selain terkenal akan keindahannya, gunung Lawu juga memiliki sekelumit kisah mistis yang berkembang dari mulut ke mulut para pendaki gunung Lawu. Salah satu cerita yang melegenda adalah kisah pasar setan. Diceritakan bahwa tempat pasar setan ada di jalur pendakian melalui Candi Cetho, mitosnya jika siapapun yang mendengar suara orang menawarkan dagangan maka dia harus membuang apapun yang dipunya layaknya seperti orang bertraksaksi jual-beli.
Meskipun mitos ini masih berkembang hingga saat ini tidak mengecilkan kecintaan kita akan gunung, asalkan kita sopan dan menjaga tata krama semoga selalu diberi keselamatan.


8.    GUNUNG BROMO

Gungung Bromo (instagram/cigdemakkurt55)

Siapa sih yang nggak tau gunung Bromo ? gunung yang satu sudah sangat terkenal keindahannya ke seantero negeri bahkan sampai mancanegara. Nama Bromo berasal dari Bahasa sansekerta Brahma, merupakan salah satu dewa dalam kepercayaan agama Hindu.
Gunung Bromo termasuk kedalam Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang memiliki luas sekitar 800 km2. Hingga saat ini gunung Bromo tergolong gunung yang masih aktif.
Keindaan gunung Bromo
Puncak kawah Bromo
Puncak gunung Bromo memiliki ketinggian 2329 mdpl. Dari puncak gunung Bromo kita akan menyaksikan hamparan pasir yang sangat luas dan juga kita bisa melihat pemandangan gunung Semeru dari sini. Saat ini suhu udara di gunung Bromo berkisar antara 2-20 derajat celcius, bergantung pada musim juga.

instagram/theweekdaytraveler

Biaya
Kebanyakan orang yang ingin liburan ke suatu objek wisata pasti melakukan survei tempat dulu, dari melihat wahana apa saja yang ada disitu, tempat parkir, fasilitas umum dan tentunya biaya masuk objek wisata. Nah, untuk menikmati objek wisata di gunung Bromo rincian biayanya adalah sebagai berikut:
Tiket masuk
Wisatawan dalam negeri     Rp. 29.000 pada hari kerja
Wisatawan dalam negeri     Rp. 34.000 pada hari libur
Wisatawan mancanegara     Rp. 220.000 pada hari kerja
Wisatawan mancanegara     Rp. 320.000 pada hari libur
Parkir kendaraan
Mobil             Rp. 10.000
Motor            Rp. 5.000
Sepeda          Rp. 2.000
Kuda             Rp. 1.500

Sekian dulu review gunung terindah yang ada di Jawa Timur ya guys, kalau ada saran tempat yang mau di review silahkan tulis di kolom komentar ya. terimakasih

Comments


EmoticonEmoticon