LIBURAN MURAH MERIAH KE GUNUNG SEMERU - BERBAGI SUKSES

Tuesday 23 April 2024

LIBURAN MURAH MERIAH KE GUNUNG SEMERU








SEMERU, Gunung Semeru terletak diantara perbatasan Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Siapa sih yang nggak kenal dengan gunung yang satu ini apalagi bagi temen-temen yang hobi mendaki gunung. Tingginya 3676 Mdpl menjadikannya gunung tertinggi di Pulau Jawa. Kalau temen-temen pernah nonton film "5 CM" mungkin tau dimana lokasi syutingnya ?? Yaa.. bener banget. Lokasinya disana, di jalur pendakian Gunung Semeru.

Banyak yang bisa diceritain pokoknya tentang Gunung Semeru ini, mulai dari udaranya yang masih sejuk dan asri, juga pemandangannya yang luar biasa indah pokoknya. Saya berani bilang gitu karena sudah pernah mendaki Gunung Semeru bersama kelima temanku yang pada saat masih kuliah semester 6 di Universitas Negeri Surabaya. Kebetulan waktu itu pas momennya karena kuliah juga udah agak jarang kuliah kelas akhirnya buat rencana mendaki ke Semeru.
Temen-temen, saya punya beberapa tips sebelum mendaki ke Gunung Semeru tapi bisa dibilang semuanya serba pas-pasan perbekalannya. Tapi temen-temen jangan khawatir meskipun pas-pasan tapi kita sampe puncak kok bahkan waktu pulang pun perbekelan kita masih sisa lumayan banyak. Oke temen-teme saya membagi tipsnya menjadi 2, yaitu kesiapan materi dan non-materi. Kalau materi udah jelas ya tentang uang, modal buat kesana gimana hehehe..
Tapi ada hal yang tidak kalah pentingnya temene-temen kalau berencana mendaki ke Semeru yaitu fisik yang prima. Percuma punya uang banyak tapi badannya kurang prima bisa-bisa malah cidera waktu mendaki. Tapi temen-temen tenang aja saya mempunyai tips buat temen-temen berdasarkan pengalaman saya dulu. Pertama, bicara masalah uang atau ongkos buat kesana itu berapa ?? oke temen-temen gini penjabarannya;

Makanan:
Beras 2 kg                                          Rp. 20.000
Mie Instan 5 bungkus                        Rp. 15.000
Coklat camilan 300 gr                       Rp. 20.000
Aqua 1500 ml 2 botol                        Rp. 10.000
Abon sapi                                          Rp. 15.000
Sarden kaleng                                    Rp.   8.000

Peralatan:
Jadi temen-temen, untuk peralatan saya sarankan minjem aja biar lebi murah hehe
Sewa tenda + sleeping bag + kompor gas                     Rp. 120.000
Gas                                                                                Rp.   13.000
Uang bensin PP Surabaya - Ranu Pani                         Rp.   80.000
Biaya perdaftaran                                                          Rp.   22.500
Parkir                                                                             Rp.  10.000
temen-temen untuk uang bensinnya saya patok dari Surabaya ya.. kalau dari rumah temen-temen dikira-kira sendirilah berapa habisnya hehe.

Total biaya :                Rp. 335.000 *)

*) ini bekal untuk perorangnya ya temen-temen

Kedua, persiapan fisik temen-temen sebelum berangkat. Caranya, temen-temen minimal harus olahraga 2-3 kali dalam seminggu sebelum berangkat. Tapi ingat, olahraganya jangan H-2/H-1 sebelum berangkat karena takutnya badannya malahan kurang fit kalau dipaksakan. Usahakan 4 hari sebelum berangkat sudah olahraga. Mungkin itu sedikit tips untuk menjaga fisik temen-temen supaya tetap fit dan siap untuk mendaki.

Oh iya temen-temen semua.. sekedar informasi ya untuk rute yang biasa dilewati dan paling mudah  adalah via Malang. Kalau temen-temen semua berencana kesana saya sarankan lewat Malang aja, nah kalau dari arah Surabaya nanti temen-temen akan ketemu petunjuk ke arah kiri atau terminal Mojosari-Jalur Pendakian Gunung Semeru dan temen-temen cukup ikuti jalan utama aja sampai nanti berhenti di Pos Pendaftaran Sektor Ranu Pani.
Terakhir temen-temen, saya akan berbagi keindahan sepanjang pendakian Mahameru ke kalian semua....


foto: pos pendaftaran pendakian gunung semeru


foto: gapura selamat datang




foto: ranu kumbolo


foto: Tanjakan Cinta



Seperti biasa temen-temen sebelum mengakiri tulisan ini saya akan memberikan kata-kata dan semoga bermanfaat. "Dimanapun kita berada tetap junjung aturan dan adat setempat, liburan bukan tujuan untuk bersenang-senang, tetapi lebih merupakan sarana untuk bersyukur, dalam segala hal"

SALAM.... SENENG DOLAN !!!!!


Comments


EmoticonEmoticon